Monday, May 11, 2015

Cute Little Pies

Nggak inget udah berapa lama ngajar Sunday School tapi rasanya baru kemarin yang puas banget, seneng banget dan terharu banget.

Yang biasanya suka jadi drama queen, kemarin bisa berinteraksi dengan normal. Semua nyanyi ke depan dengan suara yang keras. Mau ikutin gerakan lagu juga dengan semangat. Seneng lihatnya.

Kelas yang saya ajar ini bisa dibilang kelas penuh tantangan. Anak usia balita dan 2 orang anak yang umurnya sudah melewati balita tapi karena keterbatasan, belum bisa pindah ke kelas B (usia kelas 1 - 4 SD). 4 laki-laki, 3 di antaranya termasuk Anak Berkebutuhan Khusus dan 8 perempuan - 1 di antaranya juga masuk kategori ABK karena di usia dia yang hampir 9 tahun, belum bisa ngomong dengan lancar dan nggak bisa baca tulis karena nggak sekolah.

Nggak mudah untuk ngajar mereka. Usia segitu masih gampang bosen dan distracted. Belum lagi kalau mereka moody. Dan itu ternyata menular hahaha. Kalau 1 moody, bisa menjalar ke yang lainnya. Atau kalau ada 1 yang malu-malu pas nyanyi ke depan, yang lain bisa mendadak ikutan malu-malu :) Mesti pinter-pinter cari akal dan cara untuk komunikasi dengan mereka.

Kemarin Darren bikin kejutan yang bikin saya terharu banget. Dia ini autis. Sampai 3 minggu yang lalu, sulit untuk bisa bikin dia beradaptasi karena dia baru pindah dari kelas Batita. Nah kemarin, dia mau maju ke depan dan nyanyi. Bisa ikutin ayat hafalan kata per kata dengan jelas. Bener-bener kemajuan yang pesat banget. Marvel pun begitu. Dia memang suka nyanyi ke depan tapi kalau sebelumnya dia hanya bergumam dan ikutin gerakan, kemarin dia nyanyi Happy Ya Ya dengan suara yang jelas. Ahhh.....selesai nyanyi saya peluk dia saking senengnya.

Efek dari rasa seneng saya, kita foto dulu sebelum pulang. Daaannn....Marvel berdiri di samping saya trus cium pipi saya lamaaaaa banget. Sampai mamanya ketawa. Duhhh....saya pun terharu lagi.

I thank God for giving me a greatest chance to know them and be around them. I love you kids...



No comments: