Sunday, April 25, 2010

Ho Chi Minh - Day 3

Jumat, 9 April
Dengan santainya turun ke tour desk. Katanya kumpul jam 07.45. Kirain belum banyak yang dateng ternyata....bisnya cuma nungguin aku aja hehehe. Gara-gara telat jadi nggak bisa ambil tempat duduk deket jendela. Akhirnya duduk di samping cewek Kanada. Harusnya dia sama suaminya, tapi tiba-tiba suaminya sakit. Tour guidenya kasih form yang mesti diisi. Ternyata ulang tahun cewek Kanada itu sama seperti saya tapi beda 5tahun :))


Kurang lebih 2 jam perjalanan sebelum sampai di Mekong. Menurut si tour guide, ada beberapa tempat yang akan kita datengin dengan perahu. Beli caping dulu ah biar nggak kepanasan.

Kita nyusurin sungai Mekong yang coklat dan bau (heran, sungai begini coklat dan bau kok bisa jadi obyek wisata ya? Kenapa di Jakarta nggak bisa bikin yang sama dengan lebih bersih?). Kepikiran, gimana kalo tiba-tiba ada ular atau buaya hiiiiii. Ada beberapa pulau di sekitar sungai Mekong yang akan kita jalanin. Yang keinget cuma Turgoise island dan nanti berakhirnya di Dragon island.


langit di atas Mekong Delta

Pemberhentian pertama buat makan siang. Sepiring mie goreng porsi kecil. Minuman kalengnya bayar. Saya semeja sama si cewek Kanada itu, sepasang suami isteri dari Australia, cowok Jerman sama cowok Inggris yang udah berminggu-minggu keliling Asia Tenggara tapi nggak ada tanda-tanda dia nyebut mau ke Indonesia :( Sebegitu tidak menariknyakah?

Abis makan, kita naik perahu lagi ke tempat pembuatan permen kelapa dan produk dari kelapa lainnya. Saya bilang ke si Canadian kalo di Indonesia juga ada seperti itu. Abis liat-liat, disuguhin minuman (terakhirnya ditawarin produk madu dan anggur kelapa hehehe. Bisa aja promosinya). Minumannya campuran dari teh, sedikit madu sama perasan jeruk. Rasanya anget, manis-manis kecut. Kayaknya cocok buat yang batuk atau sakit tenggorokan.




Selesai di situ, kita naik perahu. Kali ini perahunya didayung dan cuma muat 4 orang. Haduh...semoga nggak terbalik aja ini perahu. Dianter ke tempat terakhir. Di sini kita disuguhin sepiring buah isinya nangka, semangka, pisang susu sama nanas dan teh hijau. Sambil nikmatin buah, ada musisi lokal yang nyanyiin lagu tradisional.




Jam 03.00pm masuk bis dan pulang. Capek. Sampai hotel laper. Nyeberang cari banh mi. Ini seperti sandwich tapi rotinya pakai baguette trus isinya selada, tomat, bawang bombay, irisan daging panggang, mayonnaise sama kayak abon gitu. Enak. Harganya VND 10,000.

 
09.08pm
Jalan kaki lagi ke Benh Thanh. Makan malem di Pho 2000. November 2001 Bill Clinton pernah makan di tempat ini. Makanya mereka pasang tagline 'Pho for President'. Saya pesen Pho dengan irisan daging ayam sama teh anget. Agak meriang nih. Pulang ke hotel mampir ke TNK travel. Beli tiket buat Cu Chi tunnel tour seharga USD 5 buat tur setengah hari.

No comments: