Wednesday, April 28, 2010

Taxi and Me

Hampir setahun ini moda transportasi yang akrab dengan saya adalah taksi. Semuanya berawal dari kemalasan saya bangun pagi. Untuk meminimalisir keterlambatan, terpaksalah order taksi dan keterusan sampai sekarang. Pertamanya selalu pesen taksi yang warnanya hijau kebiruan (atau biru kehijauan?). Tapi lama-lama jengkel juga karena selalu nunggu lama. Kalau dicek selalu dijawab 'mendekati'. Sampai satu saat, saya paksa operatornya cek posisi sambil saya tunggu. Ternyata yang dibilang 'mendekati' itu, masih beredar di sekitar Percetakan Negara. Di jam-jam kritis begitu, dari Percetakan Negara sampai Kp. Ambon bisa unlimited. Huh! Cukup sudah.

Trus ganti pilihan ke taksi berwarna putih. Pastinya tarif bawah juga tapi kalo dilihat dari argo terakhir, tetep lebih mahal dari si taksi hijau kebiruan itu. Sudahlah...yang penting setiap order, nggak perlu sebutin nomer telfon dan alamat karena sistem caller ID-nya sepertinya lebih canggih dan kalo cek pesanan, nggak pernah bilang 'mendekati'. Mereka pakai istilah 'mengarah'. Bagi saya, itu lebih baik. Tapi, belakangan taksi ini juga menyebalkan. Selalu nggak pernah stok setiap saya pesen. Akhirnya, kalo udah kepepet terpaksa panggil si biru itu.

Naik taksi emang bikin kita nggak keringetan dan nggak bau asep. Tapi yang paling nyebelin kalau:

1. dapet supir yang shift malem ke pagi. sering muncul bau-bauan nggak sedap :(

2. supirnya batuk tapi nggak ditutup dan batuknya depan blower AC

3. kaca spionnya diatur supaya dia bisa lihat ke bangku belakang

4. pasang radio tapi channelnya diganti-ganti terus. apa yang mau didengerin?

5. supirnya buang gas! -- ini kejadian beberapa hari lalu

6. mark up kembaliannya gila-gilaan

7. supirnya nggak balance antara injek rem sama kopling. mabok deh

8. supirnya nggak tau jalan tapi nggak mau ngomong

9. supirnya hobi ngajak ngobrol. padahal udah kasih jawaban udah pendek-pendek. udah tau saya lagi pakai earphone. beneran paling males kalo lagi capek/ngantuk/bete tapi dapet supir nggak bisa diem

10. bunyi hpnya kenceng banget dan sering atau nggak berhenti-berhenti karena nggak diangkat

Tadi pulang kantor mampir ke ITC Kuningan dulu. Macetnya minta ampun dan supirnya termasuk suka ngobrol. Cerita mulai dari kakinya pegel-pegel waktu pertama narik dan lewat Casablanca yang macet, nanyain tinggal dimana dan seterusnya. Akhirnya cuma jawab pendek-pendek. Begitu sampai dan mau turun, si supir bilang gini 'terima kasih. mohon maaf kalau ada kekurangan. tolong periksa lagi barangnya, jangan sampai ada yang ketinggalan'. Hmm speechless.

Tapi minggu lalu, dapet supir yang horor banget. Sepanjang dari kantor sampai rumah, itu supir ngomong sendiri, mengaduh-aduh dan merintih terus. Tadinya nggak gitu dengerin karena lagi denger Ipod. Tapi lama-lama kuping ini nangkep suara-suara nggak wajar. Gosh...bener-bener nyeremin. Gimana kalau dia tiba-tiba pingsan? Bisa urusan polisi pastinya. Udah siap-siap. Kalau dia nyetirnya mulai nggak beres, harus turun tengah jalan. Untung aja bisa sampai rumah walaupun terus mengaduh, merintih dan ngomong sendiri. Sempet mau komplein ke customer servicenya, at least minta si bapak ditarik balik ke pool daripada bahayain diri sendiri dan orang lain. Tapi nomernya sibuk terus.

2 comments:

Anonymous said...

Ya, mungkin karena itu

Via said...

karena apa ya? *bingung*. anonymous?