Friday, March 09, 2012

Yogya Trip - Part 2

Mungkin karena semangat pingin jalan, jam 07.00 kita udah kebangun dan sarapan sekalian pesen motor. Menunya nasi putih, ceplok, mendoan sama soto. Karena udara yang sejuk, jadi terasa nikmat banget. Jam 10.00 kita mulai jalan. Tujuannya Sleman.

Aduh....bener-bener seger dan enak banget cuacanya. Sempat salah jalan sebelum akhirnya sampai di tempat bikin bedcover. Tapi sebelumnya, kita makan siang dulu di warung pinggir jalan yang mantep banget. Baik rasa maupun harganya. Mungkin karena pelanggannya kebanyakan mahasiswa yang budgetnya tipis tapi perlu asupan yang banyak, porsi nasinya buanyak banget. Warung makan di Jakarta ada yang kayak gitu nggak ya? Royal kasih nasi :)

Lihat jejeran ayam, bebek dan lalapan, bikin kalap dan bingung mau ambil apa. Yup, warung ini sistemnya self service. Akhirnya aku ambil 2 paha ayam buat dibakar, terong ungu (bukan yang bulet lho) buat digoreng, pesen 1 ceplok, 1 dadar, 1 porsi sambel korek, 1 sop buah sama 1 es jeruk buat berdua. Kita makan lahap selahap-lahapnya. Bener-bener nikmat banget. Aku dan FLo sempat taruhan harga makanan. Aku bilang sekitar Rp. 25,000-an sedangkan FLo bilang sekitar Rp. 30,000-an dan ternyata dia yang menang :)

Kenyang makan, kita lanjutin perjalanan. Nggak begitu susah cari tempatnya. Tanya-tanya sebentar ke mbak yang jaga sekalian dikasih price list. Berhubung dia nggak ready stock, akhirnya kita mampir ke toko grosir bedcover yang sempat kita lewatin untuk beli bedcover pesenan maminya FLo. Oh ya, sempet-sempetnya FLo cukur rambut di sini

Selesai urusan bedcover, kita sepakat wisata ke Merapi. Wuih...bener-bener jauh. Naik motor berasa pegel deh bokong dan pinggang. Mana manggul laptop tak berguna itu! Jalan menuju ke Merapi keren banget pemandangannya. Seperti puncaknya Yogya. Sampai Taman Nasional Merapi, kita cuma punya waktu 30 menit sebelum tutup.

Yak....pendakian dimulai. FLo udah ngos-ngosan kehabisan nafas dan pegel-pegel tapi sok kuat. Tujuannya Goa Jepang. Belum sampai tujuan, tiba-tiba hujan. Awalnya cuma rintik tapi lama-lama deres! Gosh....turunnya masih jauh banget belum lagi kepikiran laptop dan semua gadget. Sampai bawah kita basah kuyub. Ibarat nasi udah jadi bubur, sekalian aja basah-basah kita terusin ke Museum Merapi. Sepanjang jalan ngeliat rute-rute evakuasi kalau terjadi bencana seperti waktu Merapi meletus kemarin.

Sayang nggak beruntung. Museumnya tutup. Ya sudah...akhirnya kita pulang. Baju sampai kering di badan karena kena angin. Mana nggak pakai jaket. Semoga nggak sakit. Dan ternyata, di kota kering kerontang :) Sampai hotel langsung istirahat karena malemnya janjian sama Cista.

Malemnya, berhubung sepatu kuyub terpaksa deh kita masuk lagi Malioboro Mall buat beli sepatu sambil nunggu Cista. Rencananya mau makan di Raminten di Kotabaru tapi ternyata waiting list banyak banget. Penasaran deh, sehebat apa sih menunya sampai restoran yang logonya 'yahud' itu bisa ramai gitu. Akhirnya kita ke Raminten Kaliurang. Ini perjalanan nekat. Udah nggak pakai jaket, jaraknya jauh banget. Rutenya tuh sama seperti rute ke Merapi. Untung sampai sana masih buka dan nggak ramai.

Begitu masuk Raminten, suasananya ok banget. Remang-remang gitu, banyak lukisan-lukisan, interiornya juga keren dan yang bikin kaget sih patung-patung mbah-mbah segede orang beneran yang ada di setiap pojokan. Ada juga foto-foto semua Sultan Yogya.

Kita pesen menu kayak orang nggak makan seminggu. Ira pesen nasi paket (duh, lupa namanya), aku sama Cista pesen paket lele bakar manis pedes, FLo pesen gado-gado nasi, gurami goreng, tahu tepung (ini juara banget. Sampai pesen 2 porsi), cah kangkung, sambel korek, tape bakar coklat keju, capuccino, wedang ronde (mantep), teh tarik sama teh tawar anget. Semuanya enak dan....harganya juga bersahabat sekali sama mahasiswa. Betah deh nongkrong di situ.

Karena kekenyangan dan kedinginan, yang tadinya pingin makan lagi di Malioboro jadi batal.