Saturday, March 10, 2012

Yogya Trip - Part 3

Duh...badan serasa remuk redam akibat kemarin naik motor seharian :) Tadinya janjian ketemu di Mirota, Maliboro jam 09.00 sama Cista dan Ira tapi ternyata mereka nggak ada kendaraan. Ya udah, kita bisa agak santai. Menu sarapan pagi ini nasi goreng, ceplok sama lontong sayur.

10.00 am
Kita ngelaju ke Malioboro karena mau beli batik. Pertama masuk Pasar Beringharjo. Sepanjang lantai 1 itu isinya batik semua. Belum lagi di lantai 2. Segala model, warna dan bahan. Sampai bingung mau beli dimana. Akhirnya kita pilih di lantai 2 yang lebih sepi. Biar enak milihnya. Pilih ini...pilih itu berakhir dengan 2 potong kemeja buat hadiah ulangtahun sepupunya FLo, 3 potong buat papinya dan 1 potong buat dia sendiri.

Berikut, masuk Mirota. Di sini juga nggak kalah ramainya. Pilih ini, ambil itu, tuker sama yang sana dan terpilihlah 2 potong kemeja buat papanya Alexa dan papanya Keiko, 2 potong dress buat Alexa, 1 potong blus buat mamanya Kei, 3 potong daster buat mamaku, 1 potong kemeja buat FLo, 3 potong kemeja buat bung-bungnya FLo dan 1 potong blus buatku sendiri. Total 13 baju! Pindah lagi ke toko lain. Di Batik Soenardi ini kita beli 1 potong blus buat mamanya Alexa, 1 dress buat Keiko sama 1 potong daster buat maminya FLo.

Sambil nunggu Cista dateng, kita kunjungan ke Kraton karena FLo belum pernah ke sana. Begitu masuk, udah ada tour guide yang anter kita keliling. Dijelasin mulai dari makna jumlah pilar di bangsal Sitihinggil (kalo nggak salah namanya itu), jumlah pohon beringin di sekitar kraton, fungsi bangsal pacikeran yang dulunya tempat algojo kraton, baju-baju adat kraton, foto-foto Sultan, kereta-kereta kencana dan lain-lain. Baru tau kalo mbok emban itu nggak pernah menikah. Sayang banget seperti nggak terawat. Kaca pelindung maket kraton kumuh kayak nggak pernah dibersihin, si tour guide juga dengan enaknya nempelin tangannya di kaca pelindung manekin-manekin, ruang tempat majang foto Sultan dan foto kereta kencana juga kumuh dan kusam. Beberapa foto malah terpasang miring. Bangsalnya juga berdebu tanda jarang (atau nggak pernah) di pel.

Sebelum tur berakhir, kita dibawa ke suatu gang yang katanya tempat tinggal abdi dalem. Trus masuk rumah tempat keluarga abdi dalem bikin lukisan batik. Dikasih tau bedanya batik tulis dan batik cap. Baru keinget kalau dulu banget - sekitar 1998/1999 - pernah ke tempat ini dan beli lukisan batiknya. Waktu ditawarin beli lukisan dan kita bilang nanti dulu, yang jelasin ini itu langsung bete dan ketus gitu :))

02.00 pm
Ketemu Cista di Mirota. Karena kita take off jam 04.30, nggak bisa makan jauh-jauh. Akhirnya kita makan di Oyot Godhong di lantai 3 Mirota Batik. Kata Cista, yang punya si 'mbok' Raminten juga. Lagi-lagi pesen makan banyak banget. Bakmi Jawa Goreng, gado-gado Raminten, mendoan, sambel korek, pisang goreng fla, ayamg goreng Jawa, kopi susu, juice strawbery, es buah sama tape ketan ijo. Padahal mejanya nggak lebar dan memanjang. Jadilah makanan-makanan itu berjejer.

03.00 pm
Buru-buru balik hotel buat balikin motor sekalian ambil barang. Capek tapi rasanya masih kurang :) Jam 06.00 sore kita sampai Jakarta.

Biaya hari ini:
- sewa motor: Rp. 30,000
- oleh-oleh: Rp. 1,914,000 (hiks hiks)
- makan siang di Oyot Godhong: Rp. 116,000
- wisata Kraton: Rp. 57,000 (termasuk tips tour guide Rp. 50,000 - serelanya sih)